Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
🇮🇩 "Kemerdekaan Hak Semua Bangsa" 🇮🇩
🇵🇸 FREE PALESTINE 🇵🇸

Apa Itu Komunisme? Sejarah Dan Negara Komunis

Apa Itu Komusime?

Komunisme (bahasa Latin: communis, bahasa Inggris: common, universal) adalah ideologi yang berkenaan dengan filosofi, politik, sosial, dan ekonomi yang tujuan utamanya untuk terciptanya masyarakat komunis dengan aturan sosial ekonomi berdasarkan kepemilikan bersama atas semua alat produksi dan tidak adanya kelas sosial, uang dan negara.
Paham komunisme menekankan kepemilikan bersama atas alat-alat produksi (modal, tanah, tenaga kerja) dimana tujuannya untuk mewujudkan masyarakat yang makmur, dan setara atau tanpa kelas.

Gambar Palu dan Arit yang tumpang-tindih bersilang, masing-masing mewakili kaum buruh dan petani, menyimbolkan persatuan kedua kaum tersebut. 


Sejarah Singkat Komunisme
Paham Komunisme pertamakali dicetuskan oleh Karl Marx dan Friedrich Engelsdalam sebuah manifesto politik yang diterbitkan pada 21 Februari 1848. Manifesto politik tersebut berisi teori analisit pendekatan komunis untuk perjuangan kelas masyarakat dan kemakmuran ekonomi yang pada akhirnya menjadi suatu gerakan politik yang paling berpengaruh pada saat itu.
Latar belakang munculnya ideologi ini adalah karena adanya kesenjangan ekonomi di berbagai negara Eropa pada segi industri. Pada masa itu, orang-orang yang berkuasa lebih mementingkan kesejahteraan ekonominya sendiri dimana petani dan buruh selalu mengalami penindasan.

Karl Marx dengan paham Komunisme-nya ingin menciptakan suatu masyarakat yang lebih adil, tidak mengenal kelas, mengutamakan hak setiap orang, serta tidak bergantung kepada Tuhan.

Ideologi ini mengalami perkembangan yang sangat pesat di berbagai negara di dunia. Bahkan komunisme mencapai puncak kejayaannya di negara Rusia (Bolshevik) dengan terbentuknya Uni Soviet dan Komunisme Internasional (Komintern).

Tujuan utama berdirinya Komintern adalah untuk membuat masyarakat dunia menjadi pengikut paham komunis. Namun, perkembangan ideologi ini menurun sejak terjadinya perang dunia ke-2 hingga akhir perang dingin (revolusi 1989). Inilah yang pada akhirnya meruntuhkan ideologi Komunisme dan bubarnya Uni Soviet pada tahun 1991.


Meskipun paham Komunisme ditolak di berbagai negara (termasuk Indonesia), paham ini tetap ada dan dipakai sebagai ideologi di beberapa negara, 

Negara-Negara Komunis Hingga Saat Ini

  • Republik Rakyat Tiongkok
  • Vietnam
  • Transnistia
  • Laos
  • Kuba
  • Korea Utara.

3 komentar untuk "Apa Itu Komunisme? Sejarah Dan Negara Komunis"

silahkan berikan komentar, saran & kritik disini, terimakasih sobat.