Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
🇮🇩 "Kemerdekaan Hak Semua Bangsa" 🇮🇩
🇵🇸 FREE PALESTINE 🇵🇸

Perbedaan CIA - FBI - NSA



Badan Pusat Intelejen atau Central Intelligence Agency (CIA), Biro Investigasi Federal atau Federal Bureau of Investigation (FBI), dan Badan Keamanan Nasional atau National Security Agency (NSA) adalah agen pemerintah Amerika Serikat yang masing-masing berkerja untuk kepentingan pertahanan dan keamanan, melalui aksi intelijen, anaisis, dan penegakan hukum.


1. CIA (Central Intelligence Agency / Badan Pusat Intelijen) adalah badan intelijen (sipil) yang berada di bawah presiden, dipimpin oleh seorang direktur yang setingkat dengan mentri (melapor ke presiden AS). Wilayah operasi CIA adalah di luar negeri, CIA tidak boleh beroperasi di dalam negeri AS. Sebagai intelijen, tugasnya adalah mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dari seluruh dunia tentang segala hal yang bisa berdampak kepada keamanan nasional AS, secara langsung ataupun tidak langsung. CIA utamanya menyediakan HUMINT (human intelligence / intelijen manusia), yaitu para spy (spion) yang merekrut agen-agen lokal untuk mendapatkan informasi ataupun mempengaruhi jalannya peristiwa di negara lain.

2. FBI (Federal Bureau of Investigation / Biro Penyelidikan Federal) adalah salah satu kepolisian federal pemerintah AS yang berada di bawah Departemen Keadilan (Justice Department, dipimpin oleh Jaksa Agung setingkat mentri). Jadi FBI ini adalah polisi, berorientasi penegakan hukum secara federal. Secara federal artinya FBI hanya menangani tugas-tugas federal sesuai konstitusi/hukum di AS. Untuk kasus-kasus lain ditangani oleh kepolisian dari negara bagian masing-masing.

3. NSA (National Security Agency / Badan Keamanan Nasional) walaupun namanya generik, pada dasarnya ini adalah badan intelijen signal (SIGINT / Signal Intelligence / Intelijen Signal) yang berada di bawah Departemen Pertahanan AS, dipimpin oleh seorang direktur yang melapor ke Mentri Pertahanan. Tugas utama NSA bisa dibilang adalah mencari sega informasi mengenai percakapan telepon, email, kebiasaan internet, dll yang sifatnya elektronik. Dari sekian banyak data tsb NSA menggunakan algoritma canggih untuk mengidentifikasi ancaman. NSA menggunakan aset-aset canggih, termasuk satelit.

1 komentar untuk "Perbedaan CIA - FBI - NSA"

silahkan berikan komentar, saran & kritik disini, terimakasih sobat.